Tips Berkomunikasi Dengan Client di Fiverr


Berkomunikasi dengan client di Fiverr menurut saya gampang-gampang susah. Kita sebagai seller di Fiverr sebaiknya membuat buyer atau client ini nyaman berkomunikasi dengan kita agar client ini berujung order di gig kita.

Nah buat sebagian orang, berkomunikasi ini kadang susah sekali dilakukan sehingga membuat suasana menjadi canggung dan client malah kabur.

Tapi tenang, diartikel kali ini saya mau membagikan pengalaman saya selama ini dalam berkomunikasi dengan client dan bisa kalian terapkan atau jadikan refrensi untuk berkomunikasi dengan client kalian.

SANTAI TAPI SOPAN

Selama berjualan di Fiverr saya memperhatikan kalau client lebih suka berbicara santai dengan penjual. Gunakan bahasa yang sederhana saja dan jangan takut menggunakan emotikon.Tapi gunakan emotikan yang biasa aja yah, seperti emotikon senyum, jempol dan tepuk tangan.

Tips Berkomunikasi Dengan Client di Fiverr

Tidak usah menggunakan emotikon ngakak yang sampai menangis, hehehe. Juga sepengalaman saya, client lebih suka dipanggil namanya dibanding dipanggil "sir" atau "pak".

Bahkan ada juga loh yang suka dipanggil "bro". Jadi perhatikan dulu clientmu, kalau dia memanggilmu dengan nama atau username yang kamu pake bukan "sir" panggil dia dengan namanya juga.

JANGAN RAGU MEMUJI DAN MERAYU

Saya biasa merayu client saya tapi secara halus, misalnya saya bilang kepada client saya kalau saya bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk anda dan saya cepat dalam mengerjakan orderan.

Kamu bisa juga memuji clientmu dengan halus misal berkata kalau usahanya sangat bagus dan semoga usahanya sukses terus.

Sekali lagi ingat yah memuji dan merayunya jangan berlebihan, biasa-biasa saja dan usahakan terkesan lembut.

BERIKAN BONUS

Kalau kalian baru merintis karir di Fiverr atau masih punya sedikit review, jangan ragu memberi bonus kepada clientmu misalnya gratis source file, pengiriman hanya 24 jam dan bonus-bonus lain yang bisa kamu berikan. 


Bonus ini berguna agar client tertarik untuk order digig kamu dan memberika review positif digig kamu. Bahkan kalau clientmu puas dengan hasil kerjamu, client tersebut bisa saja menjadi langganan kamu dan mempromosikan kamu ke teman-temannya.

BALAS DENGAN CEPAT

Walaupun client kamu lambat membalas chatmu, usahakan kamu cepat dalam membalas pesannya. Ini membuktikan kalau kamu adalah orang yang cepat dan memberikan pelayanan yang maksimal.

Jadi usahakan teman-teman menginstall aplikasi fiverr di android kalian agar memudahkan kalian dalam berkomunikasi dengan client.

ANTUSIAS DENGAN PROYEK CLIENT

Tunjukkan antusiasmemu terhadap client, tanyakan lebih detail lagi tentang proyeknya. Tapi jangan berlebihan juga yah, nanti kesannya kamu sengaja cari muka padahal memang, hehehe.

Tanyakan saja apa yang perlu kamu ketahui untuk mengerjakan proyeknya. Misalnya seperti saya, saya selalu menanyakan kepada client saya contoh desain yang dia sukai, warna yang dia mau, ukuran kertas yang client perlukan dan hal lain yang saya butuhkan.

Dan usahakan kalau client bertanya kepada kalian, kalian menjawabnya dengan jelas dan langsung ke poin-nya.

JANGAN RAGU MEMBERI SARAN

Kadang ada client yang tidak tahu apa yang dia mau, jadi sebaiknya kamu manfaatkan untuk memberi saran. Misalnya, ada client yang bingung mau gaya desain apa yang cocok untuk logonya. Nah kamu tinggal kasi saran gaya desain yang cocok untuk bisnis clientmu berdasarkan pengalamanmu.

Intinya jangan ragu memberi saran kalau kamu melihat clientmu juga bingung dan tidak tau apa maunya.

Oke teman-teman, itu dia tips berkomunikasi dengan client berdasarkan pengalaman saya sendiri. Bisa kalian terapkan atau sekedar menjadikan refrensi.

Semoga bermanfaat yah, salam $5. 

DEDI ROSALAM

Seorang desainer grafis yang ingin pensiun dan mau jadi konten kreator. Juga senang membagikan pengalaman dalam bentuk tulisan dan video.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama