Tipe-tipe buyer yang saya hindari di Fiverr

Selama beberapa tahun fokus berjualan jasa di Fiverr, banyak sekali pengalaman yang saya alami. Salah satunya adalah memahami karakter -karakter buyer yang kurang cocok bekerja sama dengan saya. Ternyata ada beberapa jenis klien yang kurang cocok bekerja sama dengan saya sehingga berujung pembatalan pesanan jika saya tetap sepakat dengan klien tersebut.

Alhasil karena sudah sering terjadi, akhirnya saya menghindari beberapa klien yang menurut saya kurang cocok bekerja sama dengan saya.

Perlu teman-teman ketahui, kalau ini adalah jenis klien atau buyer yang saya sebut diartikel ini adalah klien yang kurang cocok bekerja sama dengan saya pribadi bukan orang lain. Bisa saja, kalian malah cocok dengan tipe klien atau buyer yang saya sebut disini.

Ini dia tipe-tipe buyer atau klien yang saya hindari di Fiverr:

1. Buyer yang tidak jelas maunya

Saya menghindari buyer seperti ini karena biasanya akan memberikan banyak sekali revisi karena dia tidak tahu desain seperti apa yang dia cari. Bahkan ketika saya memberikan beberapa pilihan, dia malah kebingungan. Jadi sebelum memesan, saya biasanya bertanya desain seperti apa yang dia butuhkan dan saya meminta contohnya.

Kalau buyer tersebut mengirimkan saya apa yang saya minta tadi, berarti buyer tersebut tahu apa yang dia butuhkan atau inginkan, tapi kalau dia bilang tidak tahu maka saya akan menolak untuk bekerja sama dengan buyer itu.

2. Terlalu banyak aturan

Ini mungkin terdengar egois, tapi memang saya kurang suka bekerja sama dengan buyer yang terlalu banyak aturan dan terlalu mengekang. Saya merasa kurang bebas dan tidak maksimal jika diberi aturan terlalu banyak dalam desain yang akan dibuat.

Tipe buyer seperti ini juga biasanya akan memberikan banyak revisi sehingga butuh waktu lama untuk proyeknya selesai. 

3. Buyer dari negara PBSI

Saya sudah tidak menerima orderan dari ke-empat negara tersebut, bukannya rasis tapi saya sering mendapatkan pengalaman negatif dari buyer negera tersebut seperti pembatalan orderan sepihak, revisi yang terlalu banyak, tipu-tipu untuk dapat desain gratis dan meminta harga yang sangat murah.

4. Makelar

Yup, saya tidak menerima makelar karena pengalaman saya sebelumnya bekerja sama dengan makelar desain kurang bagus karena berbelit-belit prosesnya, perlu waktu yang lama untuk menyelesaikan pesanannya dan harga jasa yang ditawar murah. Memang ada juga kok makelar yang bagus, tapi saya pribadi memustuskan untuk tidak menerima orderan dari makelar.

-----------------------------------------

Oke teman-teman, itu dia beberapa tipe buyer yang saya hindari dan kurang cocok bekerja sama dengan saya pribadi. Kalian tidak perlu menghindari buyer yang saya sebutkan diatas, silahkan dicoba aja dulu karena siapa tau kalian cocok.

Apa yang saya tulis disini hanya untuk berbagi dan supaya menjadi refrensi bagi kalian yang semoga bermanfaat juga. 

DEDI ROSALAM

Seorang desainer grafis yang ingin pensiun dan mau jadi konten kreator. Juga senang membagikan pengalaman dalam bentuk tulisan dan video.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama