Tips Mengatur Gaji/Penghasilan, Pengeluaran dan Tabungan


Halo teman-teman, terima kasih sudah mengunjungi blog saya. Diartikel ini saya mau membagikan bagaimana saya mengatur keuangan baik itu mengelola pemasukan, tabungan dan pengeluaran.

Mengelola keuangan ini sangat penting menurut saya dan sangat bermanfaat untuk diketahui, kenapa? Karena ini berguna agar keuangan kalian lebih rapih, tau uangmu habis karena apa aja dan bisa menabung.

Silahkan teman-teman baca caranya dibawah ini:

1. Pisahkan rekening antara gaji/penghasilan, tabungan dan keperluan sehari-hari (pengeluaran).

Memisahkan rekening pemasukan kalian dengan uang untuk keperluan pribadi itu sangat perlu, ini berguna agar kalian tidak kebingungan mengatur gaji/penghasilan, tabungan (uang yang harus disimpan) dan uang untuk keperluan sehari-hari (pengeluaran).

Jadi sebaiknya kalian punya 3 rekening: rekening untuk gaji/penghasilan, rekening untuk tabungan dan rekening untuk pengeluaran. 

2. Catat semua pemasukan (gaji/penghasilan), tabungan dan pengeluaran.

Kalau kalian sudah memisahkan rekening antara gaji/penghasilan, tabungan dan pengeluaran, selanjutnya melakukan pencatatan untuk ketiga tadi yaitu gaji/penghasilan, tabungan dan pengeluaran.

Silahkan lihat tabel dibawah ini:


Tabel diatas adalah cara saya mencatat pemasukan saya dan nominalnya hanya contoh saja yah. Jadi kamu bisa membuat pencatatan versi kalian sendiri. Intinya catat semua penghasilan yang kamu miliki dan kumpulkan di satu rekening. 

Selanjutnya untuk pencatatan pengeluaran silahkan lihat tabel dibawah ini:


Catat semua pengeluaran yang harus kamu keluarkan seperti tagihan-tagihan yang harus dikeluarkan seperti listrik, wifi, air, cicilan (kalau ada), ganti oli, uang bensin, uang makan perbulan, sedekah dan lain-lainnya. Catat secara rinci agar kamu tahu secara pasti jumlah pengeluaran kamu perbulannya.

Setelah pengeluaran, selanjutnya melakukan pencatatan untuk tabungan kamu. Untuk menentukan nominal yang harus saya tabung, saya mengurangi jumlah gaji/penghasilan perbulan dengan total pengeluaran perbulan.

Rumus: Gaji - Pengeluaran = Tabungan


Jadi usahakan jumlah pemasukan kalian lebih besar dari pengeluaran. Kalau pengeluaran kalian lebih besar dari pemasukan, sebaiknya cari untuk mengubahnya. Entah itu menaikkan pemasukan kalian dengan cara cari bisnis sampingan atau mengurangi jumlah pengeluaran kalian.

Tabungan ini bisa kalian gunakan untuk investasi agar jumlah bertambah seperti di reksadana, emas dan saham. Tapi untuk investasi ada ilmunya sendiri dan bukan ranah saya jadi tidak saya bahas disini.

Nah itu dia teman-teman cara saya dalam mengatur keuangan, jadi intinya sebenarnya dipencatatan dan pisahkan tempat kalian menyimpan gaji, pengeluaran dan tabungan kalian.

Memang ribet tapi lama-lama kalian akan terbiasa, tapi menurut saya tidak ribet-ribet amat karena pencatatan hanya dilakukan satu kali sebulan saja. Buat kalian yang seorang pengusaha saya kira kalian sudah terbiasa dengan pencatatan-pencatatan seperti ini.

Semoga tips dari saya ini bermanfaat, jangan lupa share kepada teman-teman kalian supaya artikel ini bisa bermanfaat kebanyak orang.

Sampai jumpa ditulisan saya selanjutnya.

DEDI ROSALAM

Seorang desainer grafis yang ingin pensiun dan mau jadi konten kreator. Juga senang membagikan pengalaman dalam bentuk tulisan dan video.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama