Alasan Jangan Minta Desain Grafis ke Temanmu



Desainer grafis menurut saya dibeberapa kalangan masih dianggap pekerjaan yang kurang menjanjikan dan sepertinya masih belum dianggap pekerjaan tapi hanya hobi saja.

Padahal menurut saya pribadi, desainer grafis sudah sangat menjanjikan saat ini dan bisa dikerjakan darimana saja juga. Banyak desainer grafis yang bekerja hanya dari rumah saja, salah satunya saya sendiri. Ada juga yang kerja sambil berpetualang keliling dunia.

Sayangnya beberapa orang didaerah masih menganggap desain grafis itu hanya hobi saja dan meminta desain gratis pada temannya yang seorang desainer grafis. Kalau diminta sesekali menurut saya masih wajar yah, tapi kalau sudah terlalu sering dan desain untuk kebutuhan bisnis atau usaha sepertinya sudah kelewatan menurut saya.

Kenapa? Mari kita bahas disini dan bagikan artikel ini ke teman kamu yang suka minta desain gratis agar dia terbuka matanya.

Jika kamu sering meminta desain gratis kepada temanmu, sebaiknya kurangi kebiasaan tersebut karena membuat temanmu menderita dan mengalami kerugian seperti rugi waktu dan uang.

Berikut 3 alasan kenapa kamu jangan minta desain gratis ke temanmu!

SOFTWARE YANG DIGUNAKAN TIDAK GRATIS

Kebanyakan desainer grafis menggunakan Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw dan Affinity Desainer untuk membuat desain, yang software tersebut tidak gratis. Contohnya Adobe Illustrator harus bayar Rp. 280.000,00 per bulan, Corel Draw sekali bayar butuh 11 Juta. 

Nah, lumayan mahalkan yang harus desainer bayar hanya untuk menggunakan aplikasi desain. Kalau kamu menggunakan aplikasi yang saya sebutkan di atas secara gratis berarti kamu menggunakan aplikasi bajakan.

BUTUH WAKTU BERTAHUN-TAHUN UNTUK BELAJAR

Belajar desain grafis perlu waktu untuk melatih insting desain desainer dan keterampilannya. Saya sendiri sampai saat ini sudah 7 tahun belajar desain. Cara belajar desain itu ada banyak seperti ada yang ikut kursus baik offline maupun online, sekolah atau kuliah, otodidak dan belajar dari youtube atau google. Semua cara yang saya sebut itu butuh uang, seperti kuliah butuh bayar uang kuliah, ikut kursus juga bayar dan bahakan belajar sendiri juga perlu biaya seperti beli kuota internet dan listrik.

MENGERJAKAN DESAIN BUTUH WAKTU

Membuat desain perlu waktu entah itu memakan waktu 1 jam, 2 jam dan bahkan ada desain yang dikerjakan berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan tergantung desain yang dikerjakan dan keterampilan desainer tersebut. Jika kamu meminta desain gratis ke temanmu maka temanmu tersebut harus mengorbankan waktu kerjanya, jika temanmu mengerjakan desainnya diwaktu luang berarti dia mengorbankan waktu istirahatnya.

Kalau temanmu pengangguran justru sebaiknya kamu membantu temanmu untuk mendapatkan uang salah satunya dengan membayar desain yang dibuatnya.

-------------------------

Ketiga alasan di atas sepertinya cukup untuk membuka mata teman kamu yang biasanya selalu minta desain gratis. 

Sebenarnya boleh saja meminta bantuan untuk dibuatkan desain gratis tapi liat porsinya, misalnya untuk keperluan kebaikan seperti desain untuk mencari sumbangan atau donasi itu menurut saya boleh-boleh saja.

Tapi kalau desain untuk bisnis pribadi, sepertinya kurang etis jika meminta desain gratis karena desain tersebut digunakan untuk mencari keuntungan pribadi. Tidak perlu membayar mahal jika belum sanggup, tapi kamu bisa negosiasikan harganya.

Semoga artikel saya kali ini bermanfaat, apapun yang saya tulis disini adalah pendapat saya pribadi. Jika ada kritikan, saran atau perbedaan pendapat saya sangat terbuka di kolom komentar.

DEDI ROSALAM

Seorang desainer grafis yang ingin pensiun dan mau jadi konten kreator. Juga senang membagikan pengalaman dalam bentuk tulisan dan video.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama