Pentingkah ikut organisasi saat kuliah?


Pada artikel ini saya mau membagikan pengalaman saya waktu kuliah yang semoga bermanfaat buat teman-teman yang bingung apakah ikut organisasi di kampus atau tidak. Banyak mahasiswa baru yang bingung apakah mau ikut organisasi atau tidak, bingung menentukan keputusan dan akhirnya bisa salah jalan atau salah pilih.

Kalau ditanya apakah ikut organisasi kampus itu penting atau tidak?

Jawaban saya TERGANTUNG ALASANMU.

Kenapa? jika kamu mau ikut organisasi di kampus, sebaiknya kamu tentukan dulu alasan kenapa kamu mau ikut organisasi. Ada banyak alasan kenapa biasanya mahasiswa ikut organisasi seperti:

  • Ingin tidak malu bicara di depan umum, jika kamu menggunakan alasan yang satu ini maka ikut organisasi adalah jalan yang bagus karena dengan berorganisasi kamu diajarkan untuk mengeluarkan pendapatmu di depan teman-teman atau anggota organisasi yang kamu ikuti. Sepengalaman saya, banyak teman-teman saya yang awalnya malu bicara di depan umum atau orang banyak, sekarang sudah tidak malu dan bahkan sudah jago.
  • Ingin punya banyak teman dan juga relasi, kalau alasanmu karena ingin punya banyak teman dan relasi walaupun kamu tidak ikut organisasi kamu tetap bisa memilikinya. Yang penting kamu pandai dalam bergaul, kamu sudah bisa dapat teman dan juga relasi.
  • Ingin belajar sesuatu, jika kamu mau memperdalam suatu ilmu saya ambil contoh misalnya kamu ingin belajar menulis karya tulis ilmiah maka dengan ikut organisasi yang berkaitan dengan karya tulis ilmiah kalau di kampus saya ada organisasi PENALARAN (organisasi ini mengumpulkan orang-orang yang tertarik dengan karya tulis imiah) maka kamu masuk organisasi lumayan bagus untukmu dan dapat membantu kamu belajar lebih cepat.
  • Ingin tampil keren, ada beberapa orang yang ingin masuk organisasi karena cuman mau terlihat keren. Saya ambil contoh misal kamu masuk organisasi MAPALA tapi tujuanmu bukan untuk mencintai alam tapi hanya mau dibilang keren saja, maka bisa jadi kamu hanya suka jalan-jalannya saja dan tidak mencintai alamnya. Saya biasa melihat, yang katanya mahasiswa pecinta alam malah membuang sampah sembarangan di gunung, memetik bunga yang harusnya tidak dipetik karena dilindungi, berbuat mesum di gunung/alam. Bagi kamu yang mau masuk organisasi karena cuman mau tampil keren, sebaiknya jangan masuk karena siapa tau kamu jadi parasit disana.

Nah, berdasarkan beberapa alasan diatas saya sudah jelaskan juga detailnya berdasarkan pendapat pribadi saya. Jadi sebenarnya tergantung dengan alasan kamu. Kalau saya pribadi, ikut organisasi di kampus tidak terlalu penting karena saya tidak menemukan alasan yang tepat untuk saya masuk organisasi. 

Buat kamu yang ikut atau masuk dalam suatu organisasi di kampusmu, jangan anggap remeh teman-temanmu yang memilih tidak aktfi organisasi atau biasanya disebut mahasiswa kupu-kupu. Siapa tau dia mengerjakan hal lain di rumahnya atau kostannya yang membuatnya tidak sempat ikut organisasi.

Saya sendiri waktu kuliah menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang kuliah pulang) karena saya ada kerja ngefreelance.

Buat kamu mahasiswa baru yang mau terjun di organisasi, saya ada sedikit tips nih supaya kamu tidak salah jalan saat berorganisasi apalagi sampai mengorbankan perkualiahan kamu.

JANGAN MASUK TERLALU BANYAK ORGANISASI

Saya menyarankan masuki 1 atau 2 organisasi saja supaya kamu tidak keteteran, karena biasanya organisasi punya agenda-agendanya masing-masing. Jadi supaya kamu gampang atur waktu, masuki saja organisasi yang menurut kamu penting dan kamu sukai.

MASUKI ORGANISASI YANG KAMU SUKAI

Supaya kamu betah dalam organisasinya sebaiknya masuki organisasi yang kegiatannya kamu sukai, misalnya kamu suka manjat gunung berarti masuk di organisasi MAPALA atau sejenisnya.

PENTINGKAN KULIAHMU DARIPADA ORGANISASI

Kuliah tetap kamu jadikan prioritas utama, jangan sampai kamu mengorbankan perkualiahanmu demi organisasimu. Kenapa? Karena orang tuamu membiayai kamu untuk kuliah. Organisasi di kampus sejatinya diikuti untuk mengisi waktu luang jika tidak ada perkuliahan bukan sebaliknya.

-------------------------------

Ikut organisasi memang juga banyak manfaatnya seperti melatih kerja sama, melatih kamu mengatur waktu, bergaul bersama orang baru dan lain-lainnya.

Jadi kesimpulannya jika kamu ingin ikut suatu organisasi yang ada di kampusmu, pikirkan dulu: 

  1. Alasannya kenapa kamu ingin masuk organisasi tersebut
  2. Apakah organisasi tersebut akan bermanfaat untuk kamu?
  3. Apakah lingkungannya bagus dan tidak membuatmu melakukan hal-hal negatif? 


Jika kamu tidak memiliki alasan untuk masuk organisasi, tidak bermanfaat untukmu dan lingkungan organisasi yang ingin kamu masuki kurang bagus seperti anggotanya banyak yang suka mabok, suka malakin juniornya sebaiknya kamu tidak usah ikut atau cari organisasi lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan apa yang saya sampaikan disini adalah murni pendapat saya pribadi. Jika ada perbedaan pendapat, kritik dan saran saya sangat terbuka asal disampaikan dengan sopandan baik.

DEDI ROSALAM

Seorang desainer grafis yang ingin pensiun dan mau jadi konten kreator. Juga senang membagikan pengalaman dalam bentuk tulisan dan video.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama