Modus Penipuan yang Biasa Ada di Fiverr


Pada artikel ini saya mau membagikan modus-modus penipuan yang biasa ada di Fiverr. Semoga dengan tulisan ini kalian bisa terhindar dari buyer-buyer jahat yang berniat menipu kamu.

Modus-modus yang saya bagikan di artikel ini adalah berdasarkan pengalaman saya pribadi, jadi kalau ada modus penipuan lain yang pernah kalian alami, bagikan pengalaman kalian di kolom komentar yah supaya kita semua jadi tau juga dan bisa berhati-hati.

Ini dia modus-modus penipuan yang biasa ada di Fiverr…

1. Test dulu sebelum order.

Kalau ada klien yang katanya mau order tapi kamu mesti di tes dulu sama dianya, sebaik-baiknya kamu berhati-hati kalau dapat klien seperti ini.

Kalau saya pribadi biasanya menolak untuk di tes, saya biasanya langsung ngirim portfolio saya dan bilang ke buyernya kalau portfolio yang saya kirim itu karya saya, kalau kamu suka dengan karya saya itu silahkan lanjutkan memesan tapi kalau kamu tidak suka gaya desian atau karya saya itu, kamu bisa mencari penjual lain.

Saya biasanya bilang seperti itu.

Karena pengalaman dulu waktu saya masih baru di Fiverr, ada klien ngetes saya dengan tugas khusus yang dia kasih dan ternyata pas saya kirim hasil tesnya dianya hilang dan desain saya dipake. Ternyata tugas yang dia kirim, sebenarnya itu adalah proyek aslinya. Jadi dia dapat desain secara cuma-cuma dengan menipu saya.

Jadi menurut saya kalau ada klien seperti ini, tolak aja dan langsung kirim portfoliomu ke dia seperti yang saya lakukan. Apalagi kalau proyeknya kecil cuman $10, ngapai di tes yah kan, kecuali kayak proyek besar macam $1000 bolehlah kalau dites dulu.

2. Minta desainnya dikirim via inbox bukan di halaman pemesanan yang ada watermarknya

Hati-hati dengan klien yang minta kamu mengirim hasil pekerjaan via inbux bukan di halaman pemesanan. Kenapa? Karena kalau kamu mengirim pekerjaan lewat inbox, pekerjaan yang kamu kirim tidak ada watermarknya dan gampang dicuri.

Setelah kamu mengirim desain lewat inbox, klien bisa saja membatalkan pesanannya atau meminta refund ke fiverr. Jadi, klien itu dapat desainmu secara gratis karena uangnya dikembalikan oleh fiverr.

Sedangkan kamu yang akan rugi, rate order completion kamu turun dan kamu bekerja sia-sia. Jadi, jangan kirim hasil kerjaan yang sudah jadi 100% lewat inbox yah. Kecuali kayak sketsa atau pekerjaan yang belum jadi, kalian kirim via inbox aja.

3. Mengajakmu bertransaksi di luar fiverr

Tidak semua klien yang mengajakmu bertransaksi di luar fiverr itu sebenarnya bakal nipu yah. Tapi waspada aja karena ini juga salah satu modus penipuan di Fiverr.

Dan juga di Fiverr sebenarnya melarang bertransaksi di luar Fiverr, jadi kalau ada klien yang kamu dapat di Fiverr sebaiknya bertransaksi di Fiverr aja. Kalaupun ada klienmu yang bukan dari Fiverr, usahakan minta DP dulu ke kliennya.

4. Phising/Scam

Hati-hati kalau ada klien yang minta kamu membuka suatu link, yang dimana link itu meminta informasi seperti email, password dan nomor hp kamu karena bisa jadi itu adalah phising.

Perhatikan juga file-file yang dikirim klien, jangan sampai ada file yang mencurigakan seperti virus.

Pernah ada kejadian, ada yang akun fiverrnya di ambil alih oleh oknum sebut saja itu hacker, karena mengklik link sembarangan yang dikirim oleh orang itu. Jadi, kalau ada klien yang kirim link atau file-file yang formatnya terdengar asing, cari tau dulu link apa itu, file apa itu, agar kamu bisa terhindar dari phising, scam atau virus.

----------------------------------

Oke teman2, Itu dia tadi modus-modus penipuan yang biasa ada di Fiverr berdasarkan pengalaman pribadi saya. Kalau kalian pernah mau ditipu dengan modus lain, komen di kolom komentar yah supaya kita semua ini berhati-hati juga.
DEDI ROSALAM

Seorang desainer grafis yang ingin pensiun dan mau jadi konten kreator. Juga senang membagikan pengalaman dalam bentuk tulisan dan video.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama